Blog Senk Mbahas Tentang Sembarang Kaler Mugo-Mugo Bermanfaat.Amin Dan semua isi postingan boleh dicopy atau disebarkan terima kasih

Posted on Senin, 18 April 2011

CONTOH LAPORAN PENGALAMAN BELAJAR LAPANGAN ( PBL) KEBIDANAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk menentukan dan mengidentifikasi masalah kesehatan masyarakat, maka setiap mahasiswa Akademi Kebidanan Imelda Medan diwajibkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan yang disebut juga dengan Pengalaman Belajar Lapangan.
Pengertian PBL itu sendiri merupakan suatu bentuk aplikasi belajar mengajar yang dilaksanakan dilapangan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuannya secara langsung kemasyarakat dalam bentuk praktek dan dapat berdampak nyata dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.
Pada kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan ( PBL) ini, penulis ada pada kelompok I (satu) ditempatkan di Lingkungan I Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan. Disini penulis malaksanakan praktek belajar lapangan serta mengaplikasikan mata kuliah Kebidanan Komunitas atau Askeb V  terhadap masyarakat khususnya terhadap keluarga Tn. T, Tn. S dan Tn. G

1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum PBL
a. Mahasiswa mampu menentukan masalah kesehatan lingkungan masyarakat yang mencakup rumah, drainase, Sistem Pembuangan Air Limbah dan prasarana penunjangan lainnya yang berpedoman pada standar kesehatan yang berlaku.
b. Mahasiswa mampu memberikan alternative pemecahan masalah kesehatan khususnya yang berhubungan dengan Kesehatan Lingkungan dan mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi intervensi yang dilakukan pada masyarakat dalam memecahkan masalah tersebut dilokasi PBL.

1.2.2 Tujuan Khusus PBL
a. Mahasiswa mampu menentukan masalah kesehatan khususnya yang behubungan dengan Kesehatan Lingkungan
b. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan kesehatan lingkungan yang ada pada lokasi PBL.
c. Mahasiswa mampu meresume hasil Pengalaman Belajar Lapangan ( PBL) dan menyusun laporan atas kegiatan yang telah dilaksanakan.

1.3 Manfaat Keluarga Binaan
1.3.1 Bagi penulis
Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan D-3 Kebidanan Imelda Medan dan menambah wawasan pengetahuan dan perjalanan penulis dalam menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan.
1.3.2 Bagi Institusi
Sebagai bahan bacaan diperpustakaan Akademi Kebidanan Imelda Medan dan sebagai referensi bagi perpustakaan jurusan Kebidanan Imelda Medan.

1.3.3 Bagi Keluarga Binaan
Menambah pengetahuan dan wawasan keluarga yang dibina untuk meningkatkan kesehatan setiap anggota keluarga.

1.4 Metode Pengumpulan Data
      Data dalam laporan praktek belajar lapangan ini diperoleh dari wawancara langsung pada keluarga binaan.

1.5 Ruang Lingkup
      Ruang lingkup dari keluarga binaan adalah KIA dan KB.

Laporan lengkapnya dapat anda download di Laporan PBL Kebidanan

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...