BAB  I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Bekalang
Praktek  belajar lapangan adalah merupakan bagian dari kurikulum pendidikan  Akbid Harapan Mama sebagai perwujudan kompetensi dasar asuhan kebidanan  komunitas (Askeb u) melalui pengalaman belajar dan kreatifitas penerapan  kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat diharapkan peranan  bagi seorang ahli madya kebidanan mampu meningkatkan pengetahuan dan  keterampilan sesuai dengan kurikulum Askeb dan perkembangan IPTEK.
Serjarah masuknya KB di Indonesia merupakan sejarah  yang panjang saat itu pandangan terhadap KB masih merupakan sesuatu yang  abstrak, belum dimengerti oleh banyak pihak masyarakat umum dengan  latar pendidikan sosial budaya dan agama yang berbeda.
KB tidak hanya  dapat diselesaikan dengan terjadinya  alat-alat yang mencukupi di sarana-sarana kesehatan, usaha dan upaya  ini mewujudkan kesehatan ibu dan anak dengan cara memberi jarak dan  membatasi kehamilan dan kelahiran saja, tetapi telah memasuki masalah  kependudukan, sosial, ekonomi, lingkungan budaya dan kemakmuran suatu  bangsa dan negara. (Sarwono Prawiroharjo, 2006).
Dalam hal ini penulis memilih melakukan penyuluhan  tentang alat kontrasepsi KB suntik karena banyak ditemukan ibu-ibu  berusia > 30 tahun di Dusun VIII Desa Dalu X-B Kec. Tanjung Morawa  Kab. Deli Serdang. Masalah yang ditemukan adanya kurang pengetahuan ibu  tentang efek samping kontrasepsi yang digunakan. Hal ini mengakibatkan  tinggi angka kelahiran yang dapat meningkatkan jumlah penduduk.
1.2        Tujuan
1.2.1         Tujuan Umum
Untuk  mengetahui masalah kesehatan dikeluarga binaan di Desa Dalu X-B Kec.  Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang tahun 2010 dan mengerti masalah-masalah  kesehatan yang terjadi pada tingkat individu, kelompok dan masyarakat  serta menentukan konsep diri dan teori kesehatan dibidang kebidanan pada  daerah binaan.
1.2.2        Tujuan Khusus
1.      Mahasiswa mampu mengumpulkan data kesehatan  individu, keluarga dan masyarakat.
2.      Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah  kesehatan yang dihadapi individu, keluarga dan kelompok masyarakat  berdasarkan data yang dikumpulkan.
3.      Mahasiswi mampu mengevaluasi masalah-masalah  berdasarkan data yang dikumpulkan.
4.      Mahasiswi mampu menganalisis data kesehatan  yang dikumpulkan.
1.3        Ruang Lingkup
Laporan  ini hanya dibatasi pada Ny. S (keluarga Tn. R) di Dusun VII Desa Dalu  X-B Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang tahun 2010.
1.4        Metode Penulisan
1.      Metode deskriptif yaitu salah satu metode  observasi yang bertujuan pada pemecahan masalah yang sedang berlangsung  sehingga dapat diperoleh dari gambaran yang jelas tentang keadaan  pasien.
2.      Teknik  pengmpulan data
a.       Data primer  yaitu data yang diperoleh secara langsung terdiri dari :
-         Ceramah
-         Wawancara
-         Tanya jawab
b.      Data sekunder yaitu data yang  diperoleh berdasarkan kepustakaan dan dokumentasi.
Untuk lengkapnya download di Laporan  Praktek Belajar Lapangan Mahasiswa Kebidanan

 
 

 




0 komentar:
Posting Komentar